Kamis, 09 Juli 2009

KKP BLORA MENGIKUTI SOROPADAN AGRO EXPO IV 2009







Dalam Soropadan Agro Expo IV 2009 Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Blora telah mengikuti dari pembukaan hingga penutupan kegiatan pameran.


Kegiatan Soropadan Agro Expo ini telah dilaksanakan sejak tahun 2003 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan selanjutnya dilaksanakan dua tahun sekali. Hal ini sebagai upaya membuka peluang dan mengembangkan jaringan pasar Global komoditas Agro serta sebagai ajang transfer informasi dan teknologi pertanian. Kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani dan memperkokoh kemitraan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan parapihak yang terlibat dalam kegiatan aribisnis serta dapat meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran bagi produsen dan pengusaha agro Nasional dan Internasional.

Sehubungan dengan hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Blora, melalui Kantor Ketahanan Pangan perlu untuk mengikuti kegiatan ini.


TUJUAN

  • Meningkatkan akses pasar global melalui forum temu usaha antara petani dan buyer lokal, nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan.
  • Meningkatkan kemitraan dan akses petani terhadap informasi dan teknologi pertanian.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Tanggal : 25-30 Juni 2009

Waktu : 09.00-21.00 WIB

Tempat : Kawasan Agrowisata & STA Soropadan

Jl. Raya Magelang km.13 Pringsurat –

Temanggung Jawa Tengah- Indonesia


Peninjauan stand oleh Menteri Peranian


Kunjungan Stand oleh Gubernur Jawa Tengah

Pameran diikuti 97 stand, yang memamerkan komoditas dan produk pertanian, perkebunan, perikanan, serta peternakan baik dari lembaga pemerintah maupun swasta. Lembaga pemerintah selain beberapa dinas dan instansi di provinsi, dari seluruh kabupaten dan kota se-Jateng.

Beberapa provinsi di luar Jateng yang memastikan ikut SAE 2009 ada delapan, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Lampung, Jabar, Jatim, Banten, DKI Jakarta, dan DIY. Swasta yang ikut selain Jateng, dari Jabar dan DKI Jakarta.

Untuk kabupaten Blora yang diwakili oleh Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Blora telah menampilkan beberapa produk pangan olahan hasil dari beberapa kelompok wanita tani, beberapa umbi-umbian baik umbi maupun pohonnya, dan tidak lupa juga dipamer handicraft dari kayu jati.

Tema yang tertuang dalam backdrop adalah : Menuju Blora yang Wareg.

Pada Soropadan Agro Expo IV 2009 yang dibuka oleh Menteri Pertanian, stand Kabupaten Blora mendapat Kunjungan dari Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Tengah.

PENUTUP

Dengan mengikuti pameran SAE IV 2009 ini diharapkan akan membantu Kelompok Wanita Tani dalam mempromosikan produk-produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut